Kamis, 30 Oktober 2014

Cara Membuat Laporan VB 6.0 Dengan Crystal Report 8.5

Oke, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat laporan pada VB 6.0  dengan crystal report 8.5. Dari pengalaman saya membuat laporan dengan crystal report biasanya laporan akan error ketika kita menjalankan di komputer lain.. Nah disini saya akan memberi tahu supaya laporan tetap bisa berjalan atau tidak error ketika di jalankan di komputer lain...


Langung saja...

1. Buat database dengan Microsoft Access terlebih dahulu, bagi yang belum tahu silahkan cari di mbah google. Disini saya akan membuat database dengan nama "siswa", dan sebuah tabel dengan nama "bioadata_siswa". Nah kemudian buatlah sebuah attribut nisn,nama,alamat. Cukup 3 attribut itu aja, nanti klo kurang bisa ditambah sendiri hehe... Oh iya jangan lupa disini nisn sebagai Primary Key..






2. Langkah berikutnya kita buka crystal report, lalu pilih "As a Blank Report" kemudian Ok.

3. Kemudian akan mucul Data Exlporer, pilih Database File dan pilih Find Database File, cari database yang tadi anda buat kemudian pilih biodata siswa dan klik tombol add. Setelah menekan tombol Add kemudian tekan tombol close

Mencari Database
 
Pilih Database

4. Setelah menekan tombol close akan muncul field explorer pilih database field > biodata siswa, lalu drag and drop fieldnya.
buatlah desain tampilan laporan sesuai keinginan..

Desain Tampilan Laporan

5. Kemudian simpan file tersebut dengan nama siswa. File ini harus kumpul bersama dengan database yang anda buat tadi
6. Setelah data disimpan, kemudian pilih menu database di crystal report dan pilih set location, klik Same as Report, ini berfungsi agar laporan bisa dijalankan dikomputer lain, kemudian done dan save kembali..
7. Nah langkah selanjutnya kita tinggal memasang coding pada VB 6.0..

report.DiscardSavedData = True
report.ReportFileName = App.Path & "\siswa.rpt"
report.WindowState = crptMaximized
report.Action = 0
report.Reset

Berikut adalah cara membuat laporan VB 6.0 dengan crystal report 8.5..
semoga bermanfaat dan jangan lupa beri komentarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar